SMM ISO 9001 Klausul 7
Klausul 7.1 Perencanaan Realisasi Produk
Klausul ini menyatakan bahwa organisasi harus
menjamin bahwa proses realisasi produk berada dibawah pengendalian, agar
memenuhi persyaratan produk.
perencanaan realisasi produk, manajemen
organisasi harus memperhatikan hal-hal berikut:
- tujuan-tujuan mutu dan persyaratan-persyaratan
untuk produk,
- kebutuhan menetapkan proses-proses dan
dokumentasi serta memberikan sumber-sumber daya dan fasilitas yang spesifik
terhadap produk,
- aktivitas-aktivitas verifikasi, validasi,
pemantauan, pengukuran, inspeksi dan pengujian spesifik terhadap produk serta
kriteria untuk penerimaan produk,
- catatan-catatan yang diperlukan agar memberikan
keyakinan akan kesesuaian dari proses-proses dan produk yang dihasilkan
(klausul 4.2.4).
Klausul 7.2 Proses yang terkait dengan pelanggan
Klausul 7.2.1
Penetapan Persyaratan yang terkait dengan Produk
Manajemen organisasi
harus menetapkan:
- persyaratan-persyaratan yang dispesifikasikan
oleh pelanggan, termasuk persyaratan-persyaratan untuk penyerahan dan
aktivitas-aktivitas setelah penyerahan,
- persyaratan-persyaratan yang tidak dinyatakan
oleh pelanggan tetapi dianggap perlu untuk ditetapkan dalam penggunaan,
seperti: ketersediaan, penyerahan, petunjuk penggunaan produk, pendukung
teknikal, dan lain-lain,
- persyaratan-persyaratan hukum dan
peraturan-peraturan yang terkait dengan produk,
- persyaratan tambahan lain yang dianggap perlu
ditetapkan oleh organisasi.
Klausul 7.2.2 Peninjauan Ulang Persyaratan yang
terkait dengan Produk
Klausul ini menyatakan bahwa manajemen
organisasi harus meninjau ulang persyaratan-persyaratan yang terkait dengan
produk. Peninjauan ulang ini harus dilakukan sebelum organisasi berkomitmen
menawarkan produk kepada pelanggan (sebagai misal: pengajuan tender, penerimaan
kontrak atau pesanan, penerimaan terhadap perubahan-perubahan dari kontrak atau
pesanan) dan harus menjamin bahwa:
- persyaratan-persyaratan produk didefinisikan
dengan baik,
- persyaratan kontrak atau pesanan yang berbeda
dari persyaratan-persyaratan terdahulu yang dispesifikasikan (misalnya dalam
tender) telah diselesaikan kembali,
- organisasi memiliki kemampuan untuk memenuhi
persyaratan yang didefinisikan itu.
Catatan-catatan dari hasil-hasil peninjauan ulang dan tindakan-tindakan
yang dilakukan dari peninjauan ulang itu harus dipelihara (klausul 4.2.4).
Apabila
pelanggan memberikan persyaratan berbentuk pernyataan tidak tertulis, maka
persyaratan itu harus dikonfirmasikan kepada manajemen organisasi sebelum
menerima persyaratan itu, dan seyogianya persyaratan itu dicatat.
Apabila
persyaratan-persyaratan produk itu berubah, maka manajemen organisasi harus
menjamin bahwa dokumen-dokumen yang relevan ditambahkan dan personel yang
relevan dalam organisasi telah menyadari akan perubahan persyaratan itu.
Klausul 7.2.3 Komunikasi Pelanggan
Klausul ini menjelaskan, bahwa organisasi
menetapkan dan menerapkan pengaturan komunikasi yang efektif dengan pelanggan
berkaitan dengan: Informasi, Produk, Pertanyaan, Penanganan, Kontrak atau
Pemesanan, Perubahan dan Umpan balik Pelanggan, Serta Keluhan Pelanggan.
Klausul 7.1 Perencanaan Realisasi Produk
Klausul ini menyatakan bahwa organisasi harus
menjamin bahwa proses realisasi produk berada dibawah pengendalian, agar
memenuhi persyaratan produk.
- tujuan-tujuan mutu dan persyaratan-persyaratan untuk produk,
- kebutuhan menetapkan proses-proses dan dokumentasi serta memberikan sumber-sumber daya dan fasilitas yang spesifik terhadap produk,
- aktivitas-aktivitas verifikasi, validasi, pemantauan, pengukuran, inspeksi dan pengujian spesifik terhadap produk serta kriteria untuk penerimaan produk,
- catatan-catatan yang diperlukan agar memberikan keyakinan akan kesesuaian dari proses-proses dan produk yang dihasilkan (klausul 4.2.4).
Klausul 7.2 Proses yang terkait dengan pelanggan
Klausul 7.2.1
Penetapan Persyaratan yang terkait dengan Produk
Manajemen organisasi
harus menetapkan:- persyaratan-persyaratan yang dispesifikasikan oleh pelanggan, termasuk persyaratan-persyaratan untuk penyerahan dan aktivitas-aktivitas setelah penyerahan,
- persyaratan-persyaratan yang tidak dinyatakan oleh pelanggan tetapi dianggap perlu untuk ditetapkan dalam penggunaan, seperti: ketersediaan, penyerahan, petunjuk penggunaan produk, pendukung teknikal, dan lain-lain,
- persyaratan-persyaratan hukum dan peraturan-peraturan yang terkait dengan produk,
- persyaratan tambahan lain yang dianggap perlu ditetapkan oleh organisasi.
Klausul 7.2.2 Peninjauan Ulang Persyaratan yang
terkait dengan Produk
Klausul ini menyatakan bahwa manajemen
organisasi harus meninjau ulang persyaratan-persyaratan yang terkait dengan
produk. Peninjauan ulang ini harus dilakukan sebelum organisasi berkomitmen
menawarkan produk kepada pelanggan (sebagai misal: pengajuan tender, penerimaan
kontrak atau pesanan, penerimaan terhadap perubahan-perubahan dari kontrak atau
pesanan) dan harus menjamin bahwa:
- persyaratan-persyaratan produk didefinisikan dengan baik,
- persyaratan kontrak atau pesanan yang berbeda dari persyaratan-persyaratan terdahulu yang dispesifikasikan (misalnya dalam tender) telah diselesaikan kembali,
- organisasi memiliki kemampuan untuk memenuhi persyaratan yang didefinisikan itu.
Catatan-catatan dari hasil-hasil peninjauan ulang dan tindakan-tindakan
yang dilakukan dari peninjauan ulang itu harus dipelihara (klausul 4.2.4).
Apabila
pelanggan memberikan persyaratan berbentuk pernyataan tidak tertulis, maka
persyaratan itu harus dikonfirmasikan kepada manajemen organisasi sebelum
menerima persyaratan itu, dan seyogianya persyaratan itu dicatat.
Apabila
persyaratan-persyaratan produk itu berubah, maka manajemen organisasi harus
menjamin bahwa dokumen-dokumen yang relevan ditambahkan dan personel yang
relevan dalam organisasi telah menyadari akan perubahan persyaratan itu.
Klausul 7.2.3 Komunikasi Pelanggan
Klausul ini menjelaskan, bahwa organisasi
menetapkan dan menerapkan pengaturan komunikasi yang efektif dengan pelanggan
berkaitan dengan: Informasi, Produk, Pertanyaan, Penanganan, Kontrak atau
Pemesanan, Perubahan dan Umpan balik Pelanggan, Serta Keluhan Pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar